6.20.2009

Musik Barat



Sebelumnya saya mo minta maaf kalo terlalu lancang dan sok pintar. Heheheheh, maklum pengen ada kontribusi aja di forum ini, tapi berhubung gw like music jadi pengen bagi2 pengetahuan yg pernah gw dapat. Apalagi forum music masih kosong heheheh makanya gua pecahin perawannya.

Oke langsung aja, judul diatas berhubungan dengan musik yang berada diluar kebudayaan musik kita (Indonesia maksudnya)
Musik barat mengenal sistem tangga nada diatonis (7 nada) sedangkan indonesia pada umumnya pentatonis (lima nada, contohnya pelog dan slendro)
Pada kebudayaan musik barat 7 nada tersebut dikenal dengan sebutan c-d-e-f-g-a-b-c oktaf dengan pola jarak (laras) 1-1-1/2-1-1-1-1/2 "anak kecil juga tau" heheheheh
Disini yang mau saya bagi adalah teori mengenai pembuataan akord mayor dan minor berdasarkan pola jarak tersebut diatas. Sebagian temen2 mungkin bisa maen gitar (khusus buat yg belajar otodidak).
Akord C Mayor lebih sering disebut "C" terdiri dari nada-nada c-e-g.
Kita lihat pola jaraknya (larasnya) nada C ke nada E terdiri dari 2 laras, nada E ke nada G terdiri dari 1 1/2 laras.
Pola jarak seperti ini merupakan aturan untuk membuat akord mayor pada musik barat. Temen2 bisa coba praktekan tehnik ini dengan akord yang G atau F untuk membuktikannya

Untuk akord minor, hanya memiliki sedikit perbedaan. Tetap berhubungan dengan pola jarak. Pola jarak akord minor adalah "1 1/2 + 2"
Kita ambil contoh misalnya A minor. Nada dasarnya adalah A, agar jarak larasnya 1 1/2 maka nada berikutnya adalah C. Dari nada C agar jaraknya 2 maka nada berikutnya adalah E. Coba anda buktikan apakah nada2 pada akord A minor terdiri dari nada A-C-E, atau agar lebih pasti cobalah pergunakan teori diatas untuk nada2 yang lain. E minor misalnya, B minor de el el.

Sebagai pegangan: Akord Mayor pola jaraknya = 2+1 1/2
Akord Minor pola jaraknya = 1 1/2 +2

Sekian dulu, kalo membingunkan mohon maaf maklum gak terbiasa presentati dan menuliskan. Mohon kritikannya apalagi saran.

Ntar kalo emang masih dibutuhkan saya posting deh hal2 lain tentang musik, ini sekedar menghidupkan forum ini, malu ama forum2 yang laen hehehehehehhe

Ada Pertanyaan ??? Ada yang Salah??? PEngen Marahin gwa??? silahkan gwa terima dengan lapang dada.

Sorry gue tulis teks dikit ada percoba sedikit nih..(lovk_man)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Lukman Hermanto Converted into Blogger Template by Lovk-man.co.cc